Lembaga penyiaran merupakan media komunikasi massa yang mempunyai peran penting dalam kehidupan sosial, budaya, politik, dan ekonomi. Memiliki kebebasan dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol dan perekat sosial.

 Siaran yang dipancarluaskan menggunakan fasilitas public ini, dapat diterima dalam waktu yang bersamaan, serentak dan bebas. Akan memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan pendapat, sikap dan perilaku khalayak. Seyogyanya, lembaga penyiaran penyiaran wajib bertanggung jawab dalam menjaga nilai-nilai moral, tata susila, budaya, kepribadian dan kesatuan bangsa.

Bila dihubungkan dengan kejadian yang marak saat ini, seperti tawuran antar pelajar yang mengakibatkan korban jiwa, pelecehan seksual dan tindak kekerasan yang melanggar hukum, dilakukan oleh pelajar. Apakah ada pengaruh tontonan televisi terhadap perubahan perilaku pelajar?

Read more...

JAKARTA: Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan hasil seleksi lembaga penyiaran penyelenggara penyiaran multipleksing (LPPM) atau penyelenggara siaran TV digital. Hasil seleksi ini sudah dipublikasikan pada 23 Juli lalu, namun Tim Seleksi LPPPM meminta waktu untuk penyelesaian penilaian secara komprehensif.

Dalam keterangan resminya, Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Gatot Dewa S. Broto menegaskan pengunduran publikasi hasil seleksi tersebut untuk menjamin rangkaian seleksi berjalan secara objektif, terbuka dan adil.

Read more...

MAKASSAR : Syarat minimal seribu pelanggan untuk mendapatkan lisensi televisi berbayar dari Indovision dapat dengan mudah dipenuhi pengusaha lokal dengan jalan membangun konsorsium. Setidaknya itu sudah dibuktikan tiga perusahaan televisi kabel di Makassar, yakni IM3 Vision (Makassar Multi Media), Graha Vision, dan Prima Vision.

Kepala Cabang Indovision Sulawesi, Maluku, Papua, Dian Purtinama, kemarin, menjelaskan, sampai saat ini, di wilayah kerjanya, total pelanggan Indovision baru 5.000 lebih dengan jumlah perusahaan televisi kabel yang memiliki lisensi sebanyak 17 unit. Jumlah itu masih sangat kecil dibandingkan jumlah masyarakat yang menikmati tontotan televisi berbayar jauh lebih besar.

Read more...

JAKARTA : Asosiasi Pengusaha TV Kabel Indonesia (Aptekindo) bakal memperbanyak content film-film Korea untuk bisa dinikmati oleh pelanggannya di pelosok-pelosok. Pasalnya, film-film Hollywood kini memang sudah menjadi domain perusahaan TV kabel yang lebih besar.


"Masalah content memang menjadi konsen kita. Kita baru konsolidasi dengan anggota lainnya untuk mengangkat film-film Korea. Ini karena budaya kita yang dekat karena sesama Asia," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TV Kabel Indonesia (Aptekindo), Audrey G Tangkudung saat ditemui KapanLagi.com® di studio TVRI, Senayan, Jakarta, Jumat (11/5).

Read more...

JAKARTA: PT Link Net (First Media), perusahaan TV kabel dan broadband Internet, fokus melirik segmen pasar residensial sebagai langkah pengembangan bisnis perusahaan tersebut tahun ini.

Dedy Handoko, Division Head Product Management PT Link Net (First Media), menuturkan pembangunan perumahan dan apartemen yang gencar di sejumlah daerah beberapa tahun belakangan ini menjadi pasar potensial untuk dikembangkan.

Read more...

JAKARTA: Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Ahmed Zaki Iskandar meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menghentikan rencana tender penyiaran televisi digital. Pasalnya tender aturannya dinilai cacat hukum.

Menurutnya, keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 95 Tahun 2012 disusun tanpa sepengetahuan DPR. Kepmen yang ditandatangani Menteri Kominfo Tifatul Sembiring tersebut mengatur peluang usaha penyelenggaraan penyiaran multipleksing pada penyelenggaraan penyiaran televisi digital terestrial penerimaan tetap tidak berbayar (free to air).

"Peraturan Menteri Nomor 22 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Televisi Digital Teresterial Penerimaan Tetap Tidak Berbayar (Free To Air) tidak menuruti UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 yang saat ini direvisi DPR," ujar Zaki.

Read more...

JAKARTA (APTEKINDOnews): Pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran 2012 tetap diberlakukan meski aturan tersebut dibahas kembali oleh tim task force.
 
Pembahasan tim itu bersama dengan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) tentang beberapa pasal substantif yang memerlukan penjelasan lebih rinci untuk mendapatkan kesamaan persepsi.

Read more...

JAKARTA (APTEKINDOnews) : Aptekindo sebagai organisasi tempat naugan para pengusaha TV kabel di daerah kini kian agresif dalam memperjuangkan izin penyiaran. Soalnya, gara-gara kena semprit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan mendapat ultimatum keras dari penyedia konten premium seperti HBO dan ESPN, TV kabel daerah pun berhenti beroperasi sejak 1 Oktober 2009 lalu.

"Aptekindo secara organisasi akan melakukan konsolidasi dan meminta pemerintah segera merampungkan Izin Penyelenggaran Penyiaran (IPP)," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TV Kabel Indonesia (Aptekindo) Audrey Tangkudung.

Read more...

MANADO (APTEKINDOnews) : Puluhan pengusaha lokal TV kabel operator diterima beberapa anggota dewan, Senin (11/6/2012) kemarin. Ruang Wakil Ketua DPRD Sulut Arthur Kotambunan mendadak dipenuhi para pengusaha dan sejumlah wartawan yang meliput. Pengusaha yang tergabung dalam Aptekindo menyampaikan aspirasinya tentang hak siar eksklusif Indovision yang merakhir pada kekecewaan para pelanggan TV kabel yang tak bisa menikmati pertandingan Piala Euro 2012.

Arthur Kotambunan tampak sibuk menelepon anggota dewan lainnya seperti Paul Tirayoh dan Benny Rhamdani yang akhirnya juga masuk dalam ruangan untuk berbincang bersama para pengusaha.

Read more...

Receiver TV KAbel (Dok Google)MANADO (APTEKINDOnews) : Televisi kabel yang merupakan satu di antara lembaga penyelenggara penyiaran berlangganan, perkembangannya makin meningkat baik dari sisi pelanggan maupun penyedia siaran berlangganan. Sehingga di mana-mana jenis usaha ini terus tumbuh pesat, bahkan ada pula yang menyelenggarakan siaran berlangganan itu tanpa mengantongi izin dari pihak berwenang.


Namun di balik berbagai permasalahan yang dihadapi oleh penyelenggara siaran berlangganan televisi kabel itu, ternyata pemerintah mengaku ikut terbantu oleh lembaga penyelenggara penyiaran berlangganan dalam rangka menyebar luaskan informasai kepada seluruh rakyat Indonesia.

Read more...

Share this post

Follow Us On Twitter - Image
aptekindo